24 C
id
Ayo gabung jadi wartawan TriargaNews.Com ! Klik Di sini! 



Tetapkan Hasil Perolehan PSU, Jelita Donal Raih Suara Tertinggi


Bukittinggi, TriArgaNews- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi menggelar Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi perolehan suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) anggota DPD Provinsi Sumatera Barat, pasca putusan Makamah Konstitusi pada pemilihan umum tahun 2024.

Rapat pleno terbuka ini, dilaksanakan di hotel Santika Bukittinggi pada Rabu, (17/7) dihadiri Ketua KPU Kota Bukittinggi Satria Putra.

Ketua KPU Kota Bukittinggi Satria mengucapkan terima kasihnya kepada, seluruh unsur yang telah membantu kelancaran PSU kemarin,

Irman Gusman, SE, MBA gelar Datuak Rajo Nan Labiah yang sebelumnya tidak ikut pemilu DPD pada Februari lalu berhasil naik di urutan ketiga. Suara terbanyak diperoleh Jelita Donal dengan perolehan 6.838 suara dan disusul Muslim Yatim yang meraup 5.105 suara. Irman Gusman di urutan ketiga mendapatkan 3.304 suara dan di urutan keempat ada Abdul Aziz dengan perolehan suara 2.426 kemudian di urutan kelima ada nama politisi muda Cerint Iralloza Tasya dengan perolehan 2.118 suara.


“Kita sudah melaksanakan rekap secara berjenjang dan mulai di tingkat TPS dan sekarang di tingkat Kota. Secara keseluruhan rata-rata partisipasi sekitar 25 persen,” ujar Ketua KPU Kota Bukittinggi Satria Putra.

Menurut Satria, kurang antusiasnya masyarakat ikut serta dalam pemilu yang disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena PSU dilakukan bertepatan dengan hari pasar.

"Sebagian aktivitas masyarakat banyak terjadi di pasar. Selain itu hari Sabtu juga masyarakat yang melakukan liburan atau hajatan," imbuh dia

Dikatakan lebih lanjut, KPU sebagai penyelenggara telah mensosialisasikan PSU dengan berbagai metode. Salah satunya saat memberikan c pemberitahuan kita juga mensosialisasikan selebaran untuk daftar calon DPD kepada masyarakat.

“Mendatang untuk Pilkada kota akan semakin memaksimalkan sosialisasi di setiap lapisan masyarakat. Untuk Pilkada mendatang kita optimis tingkat partisipasi pemilih diatas 80 persen,” tutupnya.(**).

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar