24 C
id
Ayo gabung jadi wartawan TriargaNews.Com ! Klik Di sini! 



BSM, USIM, Sambut Baik PMI Bersinergitas Membangun Ketangguhan Iklim

Ketua PMI Bukittinggi, H.Chairunnas, foto Ads


Bukittinggi, Triarganews- Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi kebut renovasi bangunan kantor yang sudah berdiri semenjak Tahun1977 silam, hal itu dilakukan dalam rangka bertepatan menyambut Hari jadi PMI ke 79,tahun.Pada tanggal 17 September ini.

Sekaligus rencana menyambut kedatangan kunjungan kerja ( Kunker) Bulan Sabit Merah (BSM) beserta 30 orang Mahasiswa Universitas Saint Islam Malaysia (USIM)  yang akan melakukan kunjungan kerja ke markas PMI dan ke 3 tiga kecamatan di Kota Bukittinggi.


Hal ini dijelaskan oleh Ketua PMI Bukittinggi H.Chairunnas  sewaktu di jumpai di ruang tugasnya pada Senin (2-/9/2024).


" Terhalang oleh keterbatasan anggaran, kita hanya bisa lakukan sedikit renovasi, untuk lebih memperindah tampilan bangunan kantor markas PMI, karena memang sudah terlihat memprihatinkan terutama atap dan lotengnya juga sudah mulai kelihatan keropos, " ungkap Ketua PMI  H. Chairunnas.


Sementara, sebelum kedatangan kunjungan dari BSM , dan USIM Malaysia ke Bukittinggi, Pihaknya telah berkoordinasi menjalin kerjasama dengan Fakultas Muhammad Natsir, Yarsi Bukittinggi dan KSR Politani Lima Puluh Kota.


Terkait kedatangan akbar BSM tersebut, program PMI Bukittinggi sengaja  diluncurkan untuk menjembatani kerja sama antar pihak BSM dan Fakultas Muhammad Natsir Yarsi Bukittinggi dan KSR Lima Puluh Kota.


Hal senada dijelaskan oleh Ketua PMI Chairunnas, kolaborasi itu nanti untuk mereka yang betul betul serius, mau saling berbagi informasi serta bertukar pikiran antar sesama siswa Fakultas dan lembaga baik bidang Kesehatan, Pendidikan maupun Sosial Masyarakat.


"Dalam hal ini kita berusaha jadi jembatan kerja sama antar Fakultas ini, selebih nya itu saya serahkan ke mereka, dan tak bisa dibayangkan BSM yang akan berkunjung ke Bukittinggi nanti,," ujarnya.


Selain itu, katanya, PMI tidak mengeluarkan biaya akomodasi apapun, dan kami hanya di mintai transportasi darat saat penjemputan kedatangan mereka nanti ke kota Dumai, dan biayanya ini ditanggung sepenuhnya oleh Bulan Sabit Merah.


Sesuai slogan, PMI Bukittinggi dengan bertema Sinergitas Membangun Ketangguhan Iklim,  kekeringan, kebanjiran serta isu akan terjadi nya mega trus pada dua kepulauan di Mentawai.


Informasi itu sikapi oleh Ketua PMI Bukittinggi Chairunnas dengan mengintruksikan kepada jajaran dan relawan yang di kepalai nya segera melakukan kegiatan pelatihan dan penyuluhan bersama 30 orang relawan KSR yang aktif, dan 80 lebih relawan PMR yang terdaftar di berbagai sekolah dan Fakultas, hal itu dilakukan  untuk mengantisipasi jika terjadi hal tidak diinginkan tersebut.


" Kita berharap itu tidak terjadi, apalagi saat ini ekonomi masyarakat Indonesia, sedang tidak baik, dan tidak kondusif, ditambah lagi  memasuki suasana masa politik dan Pilkada," urai mantan pengusaha Toko Muaro Bangunan itu.


Lanjut menambahkan,  hingga kini PMI Bukittinggi semenjak 2 dua periode jabatan, yang di genggam Ketua PMI Chairunnas, Tahun 2016 _ 2021, kembali di percaya lagi menduduki Kursi  jabatannya di PMI hingga akhir 2026 mendatang, sampai detik ini tidak terlibat dalam urusan Pilkada apapun karena bernaung di internasional Red Cross, tetap bergerak di bidang kemanusian dan tidak akan terkontaminasi dengan politik apapun.


Seiring dengan pernyataannya itu, Ketua PMI Bukittinggi  telah meluncurkan pelayan komplit, serta tujuh (7) armada ambulance setiap harinya  untuk memenuhi pelayan terhadap masyarakat selain itu PMI Bukittinggi adalah yang mempunyai peralatan dan pelayanan terlengkap meliputi wilayah kerja selain Bukittinggi dan Padang Panjang, termasuk diantara Kabupaten 50 kota dan Tanah Datar.dan Pasaman Barat. Bahkan jika di butuhkan sanggup melayani seluruh kota Kabupaten Sumbar.


Di tempat yang sama, Ketua Markas PMI, Ahmad Jais, mengatakan mengingat situasi dan kondisi saat ini, memang hari jadi PMI  ke 79 kali ini kita tidak melakukan kegiatan seperti sebelumnya, seiring informasi akan terjadinya Mega trus di dua Kepulauan Mentawai sepeti diramalkan berkekuatan 8,9 Scala righter.


"Maka itu  PMI Bukittinggi bersama relawan Forum remaja Palang Merah Remaja (FORPIS) lebih mengutamakan program latihan pelayan masyarakat untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi nya hal yang tidak diinginkan dan mereka telah siap di terjunkan ke lapangan," pungkas Ahmad Jais.



Ia menambahkan, jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan cepat tanggap menyangkut kesehatan masyarakat bisa menghubungi Nomor pengaduan dan pelayanan yang telah kami sediakan.(Acik)


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar